SMP NEGERI 2 KALIBAWANG

Jl. Sentolo- Muntilan Km. 20 Ngrajun, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, DIY 55672

TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERKARAKTER, UNGGUL DALAM IMTAQ , IPTEK , TERAMPIL, KREATIF DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

SMP NEGERI 2 KALIBAWANG SEREMPAK MELAKUKAN SHOLAT GOIB DAN SHOLAT ISTISQA

Jum'at, 27 Oktober 2023 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 242 Kali

Peperangan antara Palestina dan Israel telah menelan korban jiwa maupun luka yang mencapai ribuan orang. Diantaranya yang paling banyak tewas adalah perempuan dan anak – anak karena bombardir tentara Israel ke kota Gaza. Kota Gaza merupakan basis kelompok pejuang kemerdekaan Palestina yakni Hamas. Perlakuan tentara Israel yang memborbardir Kota Gaza dengan korban warga sipil bahkan rumah sakit pun di bom oleh Israel membuat masyarakat dunia mengecam keras Israel.

Masyarakat dunia meminta agar dilakukan gencatan senjata apalagi Israel melakukan serangan secara brutal tanpa berperikemanusiaan kepada warga Palestina. Secara historis Indonesia mempunyai kedekatan dengan negara Palestina karena Palestina lah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Untuk ikut mendukung perjuangan rakyat Palestina agar merdeka dan terbebas dari penjajahan Israel, siswa dan guru SMP N 2 Kalibawang melakukan sholat ghaib bagi warga Palestina yang meninggal dunia akibat perang antara Israel dan Palestina. Shalat ghaib dan penggalangan dana bagi Palestina berlangsung di Lapangan Green School SMP N 2 Kalibawang, Jumat (27/10/2023) pagi.

“Shalat ghaib ini dilakukan sebagai gerakan yang sekolah tanamkan kepada anak-anak agar  tumbuh rasa empati dan simpati. Sehingga kita bisa saling mendoakan karena bagaimanapun  rakyat Palestina adalah saudara seiman kita,” ujar Supraryadi, S.Pd salah satu guru di SMP N 2 Kalibawang. 

Menurutnya, pihaknya sangat mendukung untuk kemerdekaan Palestina namun pihaknya juga meng ingatkan kepada para siswa agar juga tidak membenci warga Israel. Karena sebagian dari warga Israel ada juga yang mendukung untuk kemerdekaan Palestina dan tidak menginginkan peperangan.

Sementara untuk hasil donasi dari acara ini sejumlah Rp1juta lebih akan diserahkan ke Lazismu pada saat acara ulang tahun Sekolah 7 November mendatang.

Selain sholat goib untuk warga palestina SMP N 2 Kalibawang juga melakukan sholat meminta hujan atau shalat istisqa. Kegiatan ini untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan di musim kemarau yang berkepanjangan. Mereka berharap kemarau panjang segera berakhir dan hujan yang membawa berkah segera turun. 

Usai sholat, mereka mendengar khutbah dan melakukan doa bersama-sama meminta agar hujan yang turun memberi manfaat dan membawa berkah kepada semua orang.

Kepala SMP N 2 Kalibawang Sulis Setyawati, M.Pd mengatakan sholat istisqa digelar dilatar belakangi karena musim kemarau berkepanjangan sehingga tak kunjung turun hujan. "Sudah lama tidak turun hujan, kemarau berkepanjangan dan dimana-mana juga terjadi kekeringan serta kebakaran," ungkapnya.

Menghadapi cuaca ekstrim, el-nino menurutnya ada baiknya meminta pertolongan kepada Allah SWT.  Setelah kegiatan sholat bersama selesai para siswa dipimpin oleh Drs. Suwando untuk menyirami tanaman di sekitar sekolah secara bersama-sama.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sulis Setyawati, S.Pd., M.Pd.

Assalamu'alaikum Wr Wb. Selamat datang di Website SMP Negeri 2 Kalibawang...

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apakah yang perlu ditingkatkan SMP N 2 Kalibawang?

LIHAT HASIL